ELEMEN-ELEMEN DALAM JAVA JCEATOR
Selamat pagi sahabat bloggers! Pada kesempatan kali ini Penulis akan berbagi mengenai beberapa elemen-elemen yang digunakan di pemrograman Java Netbeans.
1. dentifier dan Variabel
Identifiertifier digunakan untuk nama class, method, dan variabel. variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel didefinisikan dengan kombinasi identifier, tipe, dan cakupan. Bergantung pada tempat dideklarasikannya, variabel dapat bersifat lokal atau sementara, misalnya didalam perulangan
for, atau dapat juga berupa variabel instans yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Cakupan lokal dinyatakan dalam kurung kurawal. Dengan aturan dasar penamaan:
1. Berupa urutan tertentu huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar.
2. Tidak boleh diawali oleh angka
3. Bersifat case sensitive.
4. Tidak boleh menggunakan operator
5. Tidak boleh menggunakan keyword
Kelompok Java mengikuti aturan penamaan identifier untuk semua method public dan variabel instans :
1.Jika nama variabel atau identifier terdiri dari 1 kata, maka semua dituliskan dengan huruf kecil, misal : “harga”, “nama”, “alamat”.
2. Jika terdiri dari 2 kata atau lebih, maka diawali dengan huruf kecil dan menandai bagian kata selanjutnya dengan huruf besar, misalnya “nextItem”, “currentValue”, “getTimeOfDay”.
3. Untuk variabel private dan lokal identifier akan berupa huruf kecil semua dikombinasikan dengan garis bawah, misalnya “next_val”, “temp_val”.
4. Untuk variabel final yang mewakili suatu konstanta, digunakan huruf besar semua, misalnya “TOK_BRACE”, “DAY_FRIDAY”.
Identifiertifier digunakan untuk nama class, method, dan variabel. variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel didefinisikan dengan kombinasi identifier, tipe, dan cakupan. Bergantung pada tempat dideklarasikannya, variabel dapat bersifat lokal atau sementara, misalnya didalam perulangan
for, atau dapat juga berupa variabel instans yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Cakupan lokal dinyatakan dalam kurung kurawal. Dengan aturan dasar penamaan:
1. Berupa urutan tertentu huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar.
2. Tidak boleh diawali oleh angka
3. Bersifat case sensitive.
4. Tidak boleh menggunakan operator
5. Tidak boleh menggunakan keyword
Kelompok Java mengikuti aturan penamaan identifier untuk semua method public dan variabel instans :
1.Jika nama variabel atau identifier terdiri dari 1 kata, maka semua dituliskan dengan huruf kecil, misal : “harga”, “nama”, “alamat”.
2. Jika terdiri dari 2 kata atau lebih, maka diawali dengan huruf kecil dan menandai bagian kata selanjutnya dengan huruf besar, misalnya “nextItem”, “currentValue”, “getTimeOfDay”.
3. Untuk variabel private dan lokal identifier akan berupa huruf kecil semua dikombinasikan dengan garis bawah, misalnya “next_val”, “temp_val”.
4. Untuk variabel final yang mewakili suatu konstanta, digunakan huruf besar semua, misalnya “TOK_BRACE”, “DAY_FRIDAY”.
2. Keyword ( kata kunci )
Keyword adalah pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh java untuk tujuan tertentu. Berikut adalah keyword Java :
Keyword adalah pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh java untuk tujuan tertentu. Berikut adalah keyword Java :
KATA KUNCI (KEYWORDS)
Sampai dengan Versi 1.0 terdapat 59 kata kunci yaitu :
abstract, boolean, break, byte, byvalue, case, cast, catch,
char, class, const, continue, default, do, double, else,
extends, false, final, finally, float, for, future, generic,
goto, if, implements, import, inner, instanceof, int, interface,
long, native, new, null, operator, outer, package, private,
protected, public, rest, return, short, static, super, switch,
synchronized, this, throw, throws, transient, true, try, var,
void, volatile, while
Sampai dengan Versi 1.0 terdapat 59 kata kunci yaitu :
abstract, boolean, break, byte, byvalue, case, cast, catch,
char, class, const, continue, default, do, double, else,
extends, false, final, finally, float, for, future, generic,
goto, if, implements, import, inner, instanceof, int, interface,
long, native, new, null, operator, outer, package, private,
protected, public, rest, return, short, static, super, switch,
synchronized, this, throw, throws, transient, true, try, var,
void, volatile, while
3. Berupa urutan tertentu huruf ( besar atau kecil ) , angka , garis bawah
2. Tidak boleh diawali oleh angka
3. Bersifat case sensitive.
4. Tidak boleh menggunakan operator
5. Tidak boleh menggunakan keyword
2. Tidak boleh diawali oleh angka
3. Bersifat case sensitive.
4. Tidak boleh menggunakan operator
5. Tidak boleh menggunakan keyword
Tipe Data adalah suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel dan operator. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel
menyatakan nilai yang dapat berubah-ubah selama eksekusi berlangsung
1.String
String adalah tipe data untuk teks yang merupakan gabungan huruf, angka, whitespace (spasi), dan berbagai karakter. Fungsi ini digunakan untuk membuat identifier String/teks.
String juga sering disebut sebagai “array of char”
(Identifier : tanda pengenal)
2 Double
Double (bilangan pecahan) adalah tipe data untuk angka, sama seperti int, tapi Double dapat menggunakan koma dan tipe data merupakan 64 bit.
3. Char
char adalah tipe data untuk karakter tunggal, bisa berupa ataupun angka.
Nah, perlu diperhatikan, dalam penamaan identifier, ada aturan sebagai berikut:
1. Identifier boleh berupa gabungan teks, underscore, tanda dollar ($), dan digit
2. Identifier tidak boleh dimulai dengan digit
3. Nama yang tidak bisa dipakai adalah “true”, “false”, dan “null”
4. Panjang teks tidak dibatasi)
5.Int ( integer) adalah tipe data yang terdiri dari angka bulat (tidak mengandung nilai pecahan atau nilai desimal).
Kelompok ini terdiri dari tipe :
tipe data ukuran (dalam bit) rentang
Byte 8 128 s/d 127
Short 16 32.768 s/d 32.767
Int 32 2.147.438.648 s/d 2.147.438.648
Long 64 9.233.372.036.854.775.808 s/d
9.233.372.036.854.775.807
Yang digunakan untuk mepresentasikan data-data yang bertipe bilangan bulat, misal : 0, 9, -9 100 dsb.4. 4.Floating-point
Floating-point adalah Sebuah bilangan yang memiliki nilai pecahan atau bilangan desimal ( angka dibelakang titik ) disebut dengan bilangan floating point, bilangan ini dapat diperoleh dari hasil proses pembagian atau langsung diisikan ke variabelnya. Untuk memasukkan sebuah bilangan floating point ke dalam suatu variabel, gunakan tanda desimal yaitu : titik yang digunakan untuk memberikan suatu nilai agar memiliki nilai bilangan desimal.
Kelompok ini terdiri dari tipe :
tipe data ukuran (dalam bit) rentang
Float 32 3.43-038 s/d 3.4e+03
Double 64 1.7e-308 s/d 1.7e+308
Yang digunakan untuk mempresentasikan data-data yang bertipe bilangan riil/pecahan misal :10.990, -90.99, 0.9999 dsb
5. Karakter
Karakter adalah Kelompok ini terdiri dari sebuah tipe yaitu char, yang digunakan mempresentasikan data dalam bentuk karakter alfanumeik dan simbol misal : ‘a’, ‘A’, $, # dsb.
6. Boolean
Boolean (logika) adalah suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai yaitu True(Benar) atau False(Salah)
Kelompok ini terdiri dari sebuah tipe data yaitu Boolean, yang digunakan untuk mempresentasikan nilai logika benar atau salah.
8.Variabel
Variabel adalah Merupakan unit dasar yang diperlukan untuk menyimpan suatu nilai dengan tipe data tertentu didalam memori komputer.
A. Deklarasi Variabel yaitu...
Tipe_Data Nama_Variabel
Tipe_Data Nama_Variabel2, Nama_Variabel2, ….
Contoh :
int x ;
int x, y, x ;
char ch1, ch2;
B.(Inisialisasi Variabel) Nilai inisial adalah nilai yang digunakan sebagai nilai awal sebelum akhirnya variabel tersebut diisi / diganti dengan nilai lain.
Deklarasi Contoh :
Tipe_Data Nama_Varaibel = Nilai ;
Tipe_Data Nama_Variabel = nilai1, Nama_Variabel2 = Nilai2 ;
Contoh :
Int X = 0 ;
Int X=1, Y=0 ;
Char ch1=‘A’
7. Operator
Operator adalah karakter khusus yang berupa simbol atau tanda yang digunakan untuk mengoperasikan (memproses dua operand atau lebih untuk mendapatkan hasil).
Operand adalah suatu variabel (angka atau karakter) yang akan dioperasikan (diproses oleh operator untuk mengetahui hasil) :
Contoh :
5 + 9 = 14
5 => operand
+ = > operator
9 = > operand
= => operator
10 => hasil
Macam-macam Operator :
A. Operator logika adalah operator yang digunakan terhadap operand bertipe Boolean yang hasilnya benar (true) atau salah (false)
operator keterangan
& & operasi AND
l l operasi OR (atau)
^ operasi XOR
! operasi NOT
B. Operator aritmatika adalah operator-operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis.
operator keterangan
+ penjumlahan
- pengurangan
* pekalian
/ pembagian
% modulus (sisa bagi)
C. Operator relasi adalah operator yang menyatakan hubungan antara satu operand dengan operand lainnya.
operator keterangan
== sama dengan
!= tidak sama dengan
> lebih besar
< lebih kecil
>= lebih besar atau sama dengan
<= lebih kecil atau sama dengan
Beberapa contoh kodingan sederhana
contoh 1
package urmih3ap;
public class aritmatika {
public static void main(String[] args)
{
int x = 17;
int y =5;
System.out.println("x = " + x);
System.out.println("y= " + y);
System.out.println("x + y = " + (x+y));
System.out.println("x - y = " + (x-y))
System.out.println("x * y = " + (x*y));
System.out.println("x / y = " + (x/y));
System.out.println("x % y = " + (x%y));
int a = 10;
int b = 2;
System.out.println("a = " + a);
System.out.println("b= " + b);
System.out.println("a + b = " + (a+b));
System.out.println("a - b = " + (a-b));
System.out.println("a * b = " + (a*b));
System.out.println("a / b = " + (a/b));
System.out.println("a % b = " + (a%b));
int panjang=10;
int lebar=5;
int luas;
luas=panjang * lebar;
System.out.println("menghitung luas persegi panjang");
System.out.println("-------------------------------");
System.out.println("panjang = " + panjang);
System.out.println("lebar = " + lebar);
System.out.println("luas = " + luas);
System.out.println("-------------------------------");
}
}
contoh ke 2
package urmih3ap;
import java.util.Scanner;
public class latihan {
public static void main(String[] args)
{
int luas,panjang,lebar ;
//int luas, panjang, lebar;
Scanner segi=new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukan Panjang = ");
panjang=segi.nextInt();
System.out.print("Masukan Lebar = ");
lebar=segi.nextInt();
luas=panjang*lebar;
System.out.println("luas = " + luas);
System.out.println("panjang = " + panjang);
System.out.println("lebar = " + lebar)
}
}
Tipe Data adalah suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel dan operator. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel
menyatakan nilai yang dapat berubah-ubah selama eksekusi berlangsung
1.String
String adalah tipe data untuk teks yang merupakan gabungan huruf, angka, whitespace (spasi), dan berbagai karakter. Fungsi ini digunakan untuk membuat identifier String/teks.
String juga sering disebut sebagai “array of char”
(Identifier : tanda pengenal)
2 Double
Double (bilangan pecahan) adalah tipe data untuk angka, sama seperti int, tapi Double dapat menggunakan koma dan tipe data merupakan 64 bit.
3. Char
char adalah tipe data untuk karakter tunggal, bisa berupa ataupun angka.
Nah, perlu diperhatikan, dalam penamaan identifier, ada aturan sebagai berikut:
1. Identifier boleh berupa gabungan teks, underscore, tanda dollar ($), dan digit
2. Identifier tidak boleh dimulai dengan digit
3. Nama yang tidak bisa dipakai adalah “true”, “false”, dan “null”
4. Panjang teks tidak dibatasi)
5.Int ( integer) adalah tipe data yang terdiri dari angka bulat (tidak mengandung nilai pecahan atau nilai desimal).
Kelompok ini terdiri dari tipe :
tipe data ukuran (dalam bit) rentang
Byte 8 128 s/d 127
Short 16 32.768 s/d 32.767
Int 32 2.147.438.648 s/d 2.147.438.648
Long 64 9.233.372.036.854.775.808 s/d
9.233.372.036.854.775.807
Yang digunakan untuk mepresentasikan data-data yang bertipe bilangan bulat, misal : 0, 9, -9 100 dsb.4. 4.Floating-point
Floating-point adalah Sebuah bilangan yang memiliki nilai pecahan atau bilangan desimal ( angka dibelakang titik ) disebut dengan bilangan floating point, bilangan ini dapat diperoleh dari hasil proses pembagian atau langsung diisikan ke variabelnya. Untuk memasukkan sebuah bilangan floating point ke dalam suatu variabel, gunakan tanda desimal yaitu : titik yang digunakan untuk memberikan suatu nilai agar memiliki nilai bilangan desimal.
Kelompok ini terdiri dari tipe :
tipe data ukuran (dalam bit) rentang
Float 32 3.43-038 s/d 3.4e+03
Double 64 1.7e-308 s/d 1.7e+308
Yang digunakan untuk mempresentasikan data-data yang bertipe bilangan riil/pecahan misal :10.990, -90.99, 0.9999 dsb
5. Karakter
Karakter adalah Kelompok ini terdiri dari sebuah tipe yaitu char, yang digunakan mempresentasikan data dalam bentuk karakter alfanumeik dan simbol misal : ‘a’, ‘A’, $, # dsb.
6. Boolean
Boolean (logika) adalah suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai yaitu True(Benar) atau False(Salah)
Kelompok ini terdiri dari sebuah tipe data yaitu Boolean, yang digunakan untuk mempresentasikan nilai logika benar atau salah.
8.Variabel
Variabel adalah Merupakan unit dasar yang diperlukan untuk menyimpan suatu nilai dengan tipe data tertentu didalam memori komputer.
A. Deklarasi Variabel yaitu...
Tipe_Data Nama_Variabel
Tipe_Data Nama_Variabel2, Nama_Variabel2, ….
Contoh :
int x ;
int x, y, x ;
char ch1, ch2;
B.(Inisialisasi Variabel) Nilai inisial adalah nilai yang digunakan sebagai nilai awal sebelum akhirnya variabel tersebut diisi / diganti dengan nilai lain.
Deklarasi Contoh :
Tipe_Data Nama_Varaibel = Nilai ;
Tipe_Data Nama_Variabel = nilai1, Nama_Variabel2 = Nilai2 ;
Contoh :
Int X = 0 ;
Int X=1, Y=0 ;
Char ch1=‘A’
7. Operator
Operator adalah karakter khusus yang berupa simbol atau tanda yang digunakan untuk mengoperasikan (memproses dua operand atau lebih untuk mendapatkan hasil).
Operand adalah suatu variabel (angka atau karakter) yang akan dioperasikan (diproses oleh operator untuk mengetahui hasil) :
Contoh :
5 + 9 = 14
5 => operand
+ = > operator
9 = > operand
= => operator
10 => hasil
Macam-macam Operator :
A. Operator logika adalah operator yang digunakan terhadap operand bertipe Boolean yang hasilnya benar (true) atau salah (false)
operator keterangan
& & operasi AND
l l operasi OR (atau)
^ operasi XOR
! operasi NOT
B. Operator aritmatika adalah operator-operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis.
operator keterangan
+ penjumlahan
- pengurangan
* pekalian
/ pembagian
% modulus (sisa bagi)
C. Operator relasi adalah operator yang menyatakan hubungan antara satu operand dengan operand lainnya.
operator keterangan
== sama dengan
!= tidak sama dengan
> lebih besar
< lebih kecil
>= lebih besar atau sama dengan
<= lebih kecil atau sama dengan
Beberapa contoh kodingan sederhana
contoh 1
package urmih3ap;
public class aritmatika {
public static void main(String[] args)
{
int x = 17;
int y =5;
System.out.println("x = " + x);
System.out.println("y= " + y);
System.out.println("x + y = " + (x+y));
System.out.println("x - y = " + (x-y))
System.out.println("x * y = " + (x*y));
System.out.println("x / y = " + (x/y));
System.out.println("x % y = " + (x%y));
int a = 10;
int b = 2;
System.out.println("a = " + a);
System.out.println("b= " + b);
System.out.println("a + b = " + (a+b));
System.out.println("a - b = " + (a-b));
System.out.println("a * b = " + (a*b));
System.out.println("a / b = " + (a/b));
System.out.println("a % b = " + (a%b));
int panjang=10;
int lebar=5;
int luas;
luas=panjang * lebar;
System.out.println("menghitung luas persegi panjang");
System.out.println("-------------------------------");
System.out.println("panjang = " + panjang);
System.out.println("lebar = " + lebar);
System.out.println("luas = " + luas);
System.out.println("-------------------------------");
}
}
contoh ke 2
package urmih3ap;
import java.util.Scanner;
public class latihan {
public static void main(String[] args)
{
int luas,panjang,lebar ;
//int luas, panjang, lebar;
Scanner segi=new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukan Panjang = ");
panjang=segi.nextInt();
System.out.print("Masukan Lebar = ");
lebar=segi.nextInt();
luas=panjang*lebar;
System.out.println("luas = " + luas);
System.out.println("panjang = " + panjang);
System.out.println("lebar = " + lebar)
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar